Minggu, 25 Mei 2014

Ekstrakurrikuler

Ekstrakurikuler merupakan salah satu pengembangan bakat dan minat anak yang didukung oleh pihak sekolah guna menambah potensi dalam diri anak. Berbagai ekstrakurikuler disediakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Manfaat Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler dapat mengembangkan minat dan bakat, belajar bersosialisasi dan belajar hal-hal yang baru. Selain itu ekstrakurikuler dapat membantu anak yang tidak terlalu cemerlang dalam akademik untuk mengembangkan prestasinya.

Ekstrakurikuler yang dapat diikuti ada bermacam-macam. Masing-masing ekstrakurikuler tersebut dapat mengembangkan kemampuan yang berbeda. Setiap ekstrakurikuler pasti memiliki sisi positif.

Positif dan Negatif Ekstrakurikuler

Semua kegiatan ekstrakurikuler dapat menimbulkan sisi positif selama kondisi-kondisi di dalam ekstrakurikuler tersebut mengajarkan nilai-nilai positif yang dapat ditanamkan pada anak.

Tetapi adakalanya ekstrakurikuler mempunyai sisi negative. Misalnya jika ekstrakurikuler tersebut dilakukan secara berlebihan, sehingga anak melupakan kewajibannya sebagai pelajar dan merusak prestasi dikelasnya. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan dari guru/dosen dan juga orangtua agar porsi kegiatan tersebut tepat bagi anak, sehingga dapat berjalan dengan baik. Selain itu perlu diperhatikan juga kegiatan apa yang diikuti anak sehingga dia mengerti apa tujuan dia mengikuti kegiatan tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates