Jumat, 23 Mei 2014

Adventure to Gn. Papandayan With BOSDUGAR

Jum’at, 21 maret 2014 kami Osis SMK Negeri 2 Garut (BOSDUGAR) yang ikut saat itu berjumlah 22 orang  pergi hicking ke gunung Papandayan. Hari itu kami berangkat dari Garut sekitar pukul 02.30 siang menggunakan angkutan umum Garut-Cisurupan. Papandayan terletak di kecamatan Cisurupan, untuk sampai di titik start pendakian gunung Papandayan atau yang di sebut dengan CampDavid,  untuk sampai di CampDavid  kita harus melawati perjalanan yang jarak nya sekitar 9 km di tambah jalanan yang agak rusak dan menanjak. Sekitar pukul setengah 4 kita sampai di kecamatan Cisurupan tepatnya di Alun-alun Cisurupan, disana kami beristirahat sebentar. Untuk sampai CampDavid disana tersedia mobil bak terbuka yg memang untuk di sewa , jika memakai mobil bak terbuka/transportasi pribadi perjalanan akan lebih singkat menghabiskn waktu sekitar 30-60 menit, Karena kami menuju CampDavidnya berjalan kaki sehingga memakan waktu yang cukup lama sekitar 5 jam juga cukup menguras tenaga. Di perjalanan menuju CampDavid kami kemalaman apalagi sebelumnya kami sempat terpisah-pisah karena sesampai di kec.Cisurupan saya teman saya dan 2 junior saya meminjam peralatan masak ke teman yang rumahnya dekat dari sana karena ketinggalan. Setelah itu kami berempat pun langsung menyusul yang lainnya , kami ber-empat terpisah lagi karena teman saya dan junior yang satu berjalan sangat cepat , sedangkan saya dengan junior yg satunya lagi yaitu Selly berjalan agak lambat ketambah kami bingung karena katanya yang lain menunggu kami di sebuah mesjid , kami gak tau mesjid yang mana antara yang sudah terlewati dan yang belum terlewati oleh kami , akhirnya saya dan selly berhenti dulu dan menunggu kabar berikutnya, ternyata masjid yang di maksud belum terlewati oleh kami, kami pun melanjutkan perjalanan.

Di sejajalan orang-orang melihat kami terheran seperti yang aneh bahkan banyak yg menertawakan kami, mungkin karena kami membawa alat masak istilahnya kami “ngajinjing katel”  haha :D pantas saja mereka terheran karena mungkin kalau mereka melihatnya kami banyakan mereka akan menduga ‘oh itu untuk camping di papandayan’ sedangkan kami hanya berdua dengan style yang ga terlihat mau pergi camping di gunung , hahaha :D kami pun tertawa agak malu.

Di tengah perjalanan kami menunaikan sholat ashar terlebih dahulu, dan kami pun semakin jauh ketinggalan. Sekitar setengah perjalanan kami baru bertemu dengan yg lainnya tapi itu sebagiannya dan itu kira-kira pukul 6 , sudah memasuki waktu maghrib. Hmmm…, untung saja kami gak kemalaman , bayangkan saja jika kami kemalaman berdua saja di perjalan itu, pikirku.

Setelah beristirahat sebentar, kami pun melanjutkan menyusul yang lainnya , tidak lama kemudian kami bertemu dengan yang lainnya, di tempat itu ada sebuah gubuk(saung) semua sudah terkumpul disana dan kami memutuskan untuk beristirahat dulu sekalian menunaikan ibadah sholat maghrib. Setelah itu memusyawarahkan terlebih dahulu antara lanjut ke CampDavid atau bermalam disana, akhirnya kami memutuskan untuk lanjut karena untuk keamanan dan lainnya. Sepanjang jalan kami tidak henti-hentinya berdoa dan kami berjalan dengan merapat .

Langkah demi langkah kami tidak melihat ada tanda-tanda cahaya , mulai cemas , melihat lagi kedepan belum ada tanda-tanda cahaya, melihat lagi masih belum ada tanda-tanda cahaya dan akhirnya pukul 08.45 kami melihat cahaya kami sampai di CampDavid , hmm.. begitu lega dan senangnya saat itu rasa cemas mulai menghilang.

Kami berhenti dulu untuk bayar tiket saat itu harga tiketnya Rp.4000/orang. Kami beristirahat di CampDavid dan membangun tenda di sekitar sana. Tidur di tenda tuh dinginnyaa ampun apalagi ini digunung, walaupun pake jaket dan selimut, dinginya tetep aja kerasa jadi harus bener-bener persiapannya tuh kayanya pake 2 jaket juga masih kerasa dinginnya. Suara angin ditambah suara kawah begitu terdengar menggerumuh. Di sekitar tenda kami membuat api unggun kecil sederhana, ada yg masak di sana ada juga yg tidur duluan termasuk saya haha , karena ga kuat ngantuk.