Jumat, 26 Oktober 2012

Merakit PC Berdasarkan Pengalaman

Di sini saya akan memposting sedikit tentang perakitan PC yang saya lakukan pada hari senin tgl 22 Okt 2012 di sekolah saya. Dalam perakitan ini saya tidak sendirian melainkan ditemani/kerjasama dengan teman saya M. Husni. Dan di bimbing juga oleh teman saya yaitu Edo F.

Dalam perakitan ini sebenarnya sangat gampang, hanya kesulitan yang saya alami ada pada saat pemasangan kabel, karena saya belum mengetahui betul semua kabel-kabelnya dan harus di pasangkan dimananya. Dan juga tentunya kita harus hati-hati dan teliti.

  • Pertama siapkan semua komponen yang akan dipakai dalam perakitan seperti mainboard, processor, blower, RAM, CPU, dsb. 
  • Siapkan mainboard lalu buka kunci soket processornya dengan hati-hati.
  • Ambil processor dengan hati-hati dan masukkan ke soket mainboard tadi lalu kinci kembali soket tersebut.
  • Pasang blower/FAN nya tepat diatas dan menutupi processor dan kunci blower tersebut lalu sambungkan kabelnya ke mainboard.
  • Pasangkan RAM ke mainboard pada posisi yang benar kemudian tekan kedua sisinya hingga berbunyi 'klik'.
  • Sambungkan kabel power front nya.
  • Sambungkan/pasangkan kabel monitor dan kabel keyboard ke mainboard.
  • Lalu pasangkan kabel listriknya ke power supply, dan jika berhasil sb power pada mainboard akan menyala.
  • Kemudian tekan tombol power di CPU, maka blower yang ada di mainboard akan berputar, dan monitor pun menyala.
  • Tunggu sebentar, lalu ikuti perintahnya, dalam perakitan saya kemarin tekan F1, kemudian enter.
  • Dan hasilnya akan masuk ke menu bios.
Nah, mungkin sekian yang dapat saya bagikan dari pengalaman saya. Dan tunggu, nanti juga masih banyak perakitan-perakitan CPU yang akan saya lakukan dan teman-teman di sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates