Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi
([link]) sehingga pengguna dapat ber([navigasi]), berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia (multi = Banyak;
media = medium/alat dan cara untuk mengkomunikasikan informasi)
Perkembangan teknologi Multimedia telah memberikan dampak yang banyak kepada bidang industri, yaitu:
1.1. Industri komputer.
2 2. Industri telekomunikasi (telecommunication)
3.3. Industri penyiaran (broadcasting)
Empat Sifat Penting Produk Multimedia
1. Komputer, untuk melakukan koordinasi
tentang apa
yang dilihat dan didengar oleh pemakai
2. Links,
yang menghubungkan
dengan informasi
3. Navigational
tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
4. Cara,
untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ideKategori Multimedia
Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimedia
content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai
berikut:
1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text,
audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda
untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music,
video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara
yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media Teks
- Media Audio
- Media Video
- Media Animasi
- Media Graph / Image
- Media Interactivity
- Media Special Effect
2. Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi,
radio, cetak, dan Internet, untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising,
publicity, entertaiment, news, education, dll.
Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.2) adalah
Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.2) adalah
- TV
- Radio
- Film
- Cetak
- Musik
- Game
- Entertaiment
- Tutorial
- ICT (Internet)
0 komentar:
Posting Komentar